Monday, August 28, 2017

Tips Memilih Laptop Untuk Pemula

Tips Memilih Laptop Untuk Pemula

Memilih Laptop Untuk Pemula

 

Manfaat dari perkembangan teknologi tentu saja membantu meringankan perkerjaan manusia. Saat ini banyak dari teknologi yang sangat penting bahkan harus dimiliki bagi setiap perusahaan maupun kita pribadi. Salah satu produk yang paling familiar adalah sebuah laptop.

Laptop sendiri memiliki manfaat sekali bagi semua orang, untuk pelajar mungkin mengerjakan tugas, skripsi dan lain sebagainya. Untuk perkantoran bermanfaat sebagai alat bantu operasional perusahaan agar sesuai target dan rencana. 

Akan tetapi, dalam memiliki sebuah laptop tentu saja harus didasari dengan alasan untuk apa dan mengapa. Karena, apabila kita salah membeli sebuah laptop, tentu saja kita akan mendapatkan suatu kerugian. Misalnya kita sedang membutuhkan laptop untuk keperluan desain interior, tapi kita secra tidak langsung membeli laptop dengan spesifikasi yang tidak bisa memuat program dari desain interior itu sendiri. 

Hal tersebut mungkin saja terjadi bagi pemula yang belum mengenal jenis dan spesifikasi sebuah laptop. Kali ini saya akan memberikan tips memilih laptop untuk pemula. Pemula disini mungkin bukan yang tidak tahu laptop itu apa, akan tetapi pemula disini merupakan artian bagi orang yang tidak tahu jenis dan spesifikasi suatu laptop. 

Periksalah dompet dan persediaan uang kalian
Budget merupakan salah satu factor penentu kita dalam melakukan pembelian suatu barang atau jasa. Seandainya kalian ingin membeli laptop yang memiliki fitur canggih dan spesifikasi yang bagus. Kalian harus rela menggali persediaan uang kalian. Seandainya tidak mencukupi, urungkan sejenak niat kalian dan kembalilah menabung. 

Fokuskan untuk kegunaan kita membeli laptop
Disini artinya, kita harus memfokuskan bahwa laptop yang kita pilih akan di pakai untuk keprluan seperti apa. Misalnya kita menginginkan untuk keperluan bermain game, tentu saja kita harus melihat bagaimana standar spesifikasi game saat ini dan mencocokannya dengan spesifikasi laptop yang akan kita beli. Jangan sampai kita menginginkan laptop untuk bermain game, akan tetapi kita membeli hanya untuk keperluan sehari-hari. 

Cek Spesifikasi dan kondisi
Mulai mencek spesifikasi dan kesehatan laptop. Seperti kecepatan loading laptop, kebersihan fan sampai kenyamanan tombol-tombol keyboard laptop. Usahakan memilih laptop yang tidak mudah panas. Biasanya gejala seperti itu akan berakibat pada kondisi batrei laptop. Cek suara yang keluar dari laptop. Seandainya laptop tidak mengeluarkan bunyi saat mulai menyala itu kondisi baik. Hindari membeli laptop yang mengeluarkan bunyi-bunyi kecil yang mengganggu. 

Test Dengan Penginstalan Sebuah Program
Seandainya kalian sudah cinta dengan laptop incaran kalian. Coba kalian test dengan menginstal suatu program seperti autocad, corel, photoshop. Untuk keluaran laptop saat ini, proses penginstalan program tersebut tidak lah memakan waktu lama. Hindarilah laptop yang memakan waktu penginstalan lama pada suatu program. Lama tidaknya memang tergantung besar kecilnya program. Akan tetapi untuk program standar seperti yang tadi disebutkan, apabila kondisi laptop baik dan sehat tentu tidak akan memakan waktu yang lama. 

Seandainya semua sudah sesuai, budget sesuai, memfokuskan kegunaan sudah sesuai, mencek spesifikasi dan kondisi dan yang terkahir test dengan penginstalan suatu program. Maka dari itu silahkan kalian beli lah dengan uang kalian sendiri dan nikmatilah laptop baru kalian itu. Rawatlah seperti kita perhatian pada pacar kita.


EmoticonEmoticon